Jumat, 30 Desember 2016

Inilah Tarif Pemandu Wisata dan Penginapan di Kerinci

Inilah Tarif Pemandu Wisata dan Penginapan di Kerinci

Libur akhir tahun objek wisata di Kerinci kebanjiran pengunjung. Sudah bukan rahasia kabupaten yang berada di Ujung Provinsi Jambi ini memiliki keindahan alam nan eksotis, mulai dari gunung, danau, air terjun hingga kebun teh Kayu Aro yang merupakan kebun teh tertinggi di Asia Tenggara

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Kerinci namun belum mengetahui lokasi dan seluk beluk berbagai obyek wisata di Bumi Sakti Alam Kerinci tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa pemandu wisata. Selain itu Anda juga perlu tahu tarif menginap di Kerinci.

Untuk tarif pemandu bagi wisatawan asing di Kerinci sebsar Rp400 ribu perhari, wisatawan domestik Rp 300 ribu per hari. Sedangkan dalam sebulan minimal bisa memandu tiga group wisatawan.

Untuk itu menurut Zacky satu diantara pemandu wisata mengatakan jasa pemandu di Kerinci cukup prospektif. "Penginapan di Kayu Aro dan Lempur juga meningkat, dengan tarif homestay di Kayu Aro Rp 120 ribu sampai Rp270 ribu," sebutnya

Sutriadi, seorang tour guide warga Kayu Aro mengatakan kunjungan wisatawan mulai meningkat menjelang tahun baru. Ia menyeburkan setiap minggu 2 sampai 3 kali bawa orang ke gunung kerinci atau danau gunung tujuh. "Kalau hari-hari libur alhamdulilah bisa lebih. Kalau untuk tarif pemandu berkisar dari 250rb-400rb/hari," katanya.

Di Kayu Aro, turis menginap di hone stay san hotel. Tarif home stay berkisar mulai dari Rp100-200 ribu perkamar tergantung fasilitas dihome staynya. Ia menyebut di Kersik Tuo yang dekat Gunung Kerinci disediakan 5 home stay dan 1 home stay baru. "1 basecamp pendaki gunung juga ada dikersik tuo. Di pelompek ada 4 homestay dan 1 basecamp pendaki gunung yaitu basecamp kerinci petualang didesa lubuk Pauh," katanya.

Ekspedisi 5 Danau Incaran Wisatawan Asing

Momen libur tahun baru sejumlah objek wisata di Kabupaten Kerinci ramai dikunjungi wisatawan. Di antaranya objek wisata di Kayu Aro, Lempur, lokasi air terjun, dan Danau Kerinci.

Petugas TNKS di Danau Gunung Tujuh, Evaraizal Mirza mengatakan pada liburan tahun baru mendatang pengunjung objek wisata tersebut diprediksi meningkat.

Ia mengatakan seperti pada tahun sebelumnya kunjungan mencapai 2.000 wisatawan lokal maupun turis asing. Sedangkan tahun ini diprediksi sekitar 1.500 pengunjung.



"Pendakian mulai ramai sehari atau dua hari sebelum tahun baru,karena kebanyakan anak muda camping satu sampai dua malam. Kita prediksi sampai akhir tahun nanti lebih 1.500 pengunjung," katanya

Untuk tiket masuk ke danau tertinggi di Asia Tenggara itu, ia menyebutkan sebesar Rp5 ribu perorang. Pihak TNKS juga melakukan bimbingan dan penjelasan ke pengunjung saat ke objek wisata. Pengunjung juga diimbau tak membuang sampah sembarangan di sepanjang rute perjalanan hinga disekitar danau.


Selain itu, pendakian ke Gubung Kerinci juga mulai banyak pendaki. Meskipun pendaki telah dilarang untuk ke puncak, Jelang pergantian tahun, TNKS memprediksi pengunjung akan meningkat."TNKS hanya merekomendasikan sampai shelter III, tak boleh ke puncak," katanya

Di Lempur, kecamatan Gunung Raya, sejak 1 Desember 2016 sekitar 500 wisatawan lokal yang berkunjung di Lima Danau di Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci.

Ketua Pengurus Lembaga Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur mengatakan melonjaknya pengunjung Lima Danau di desa Lempur karena saat ini memasuki libur akhir tahun. "Memang terjadi ledakan pengunjung sejak momentum liburan pasca libur sekolah dan akhir tahun, yang mencapai ratusan orang," katanya

Dzacky salah satu pemandu wisatawan Lima Danau di Lempur pasca dibukanya Danau Kaco pada 1/12 sampai dengan 26/12 sudah lebih 500 wisatawan yang datang.

Danau Kerinci

"Iya memang sudah ratusan wisatawan yang datang, dimana setiap minggunya ada 100 lebih wisatawan yang mengunjungi danau disini," ujarnya.

Zacky yang juga sebagai tour operator Explore Kerinci mengatakan pada Desember ini dirinya telah mendapat booking dari tamu mancanegara.

Dari Belanda dengan tujuan Gunung Kerinci dan expedisi 5 Danau. Dari France ke expedisi 5 danau dan Tour Desa Wisata Lempur. Dan Singapura denga rute tour keliling Kerinci 4 hari 3 malam.

"Beberapa tahun terakhir ini di kerinci paling banyak dikunjungi adalah Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Danau Kaco dan Expedisi 5 Danau di Lempur," ungkapnya.

Previous
Next Post »